Fungsi differential adalah
- Menghantarkan dan membagi tenaga dari transmission ke final drive kiri dan kanan
- Membedakan putaran roda kiri dan kanan saat machine berbelok
- Membagi torsi dari transmission sama besar ke final drive kiri dan final drive kanan
Jenis-jenis differential yang
digunakan antara lain :
- Standard Differential.
- No-SPIN Differential, digunakan pada wheel loader (optional), integrated tool carrier, articulated truck, wheel tractor, soil compactor, landfill compactor dan backhoe loader dan merupakan pengganti standard differential.
- Limited Slip Differential, digunakan pada wheel loader menengah (optional), beberapa wheel loader besar dan articulated truck dan merupakan pengganti standard differential.
- Differential Lock, biasanya digunakan pada motor grader.
Standard
Differential
·
Differential
case
·
Pinion
gear atau spider gear
·
Side
gear
·
Spider
shaft
Differential Case
Differential case assembly merupakan tempat komponen-kompo nen dari differential group. Bevel ring gear di
baut dengan case assembly. Case
assembly akan memutarkan spider
shaft dan pinion gear yang
bersilangan dengan side gear untuk
memutarkan final drive sun shaft.
Pinion Gear
Pinion gear atau spider gear
bergerak berrotasi dan berrevolusi mengikuti putaran spider shaft dan memindahkan tenaga
dari differential case ke side gear dan kemudian ke sun shaft. Pinion gear akan berputar
berrotasi (berputar pada sumbunya) hanya pada
saat berbelok atau slip, sehingga putaran roda kiri dan kanan akan berbeda.
Spider
Shaft
Spider shaft digerakkan
oleh differential case dan
sebagai tempat dudukan pinion gear.
Side Gear
Side gear di-spline ke sun gear shaft. Pinion gear akan menggerakkan side gear sehingga sun gear shaft akan berputar.
Differential
jenis ini tidak effisien pada saat machine slip. Untuk mengatasi hal ini
(machine slip pada saat masuk
lumpur) pada Off Highway Truck dan
pada beberapa jenis Wheel Loader besar,
maka dilengkapi dengan Traction
Control System (TCS) (sebelumnya disebut Automatic Electronic Traction Aid atau AETA).
Sistem ini akan bekerja secara otomatis pada saat machine mengalami slip.
No-SPIN
Differential
Pada No-SPIN differential, spider shaft langsung terhubung dengan jaw clutch yang di-spline dengan side gear. Saat bergerak lurus, jaw
clutch akan engage dan spider shaft tengah memutar axle dengan kecepatan yang sama.
Bila putaran salah satu roda
melebihi putaran penggerak atau overrun, No-SPIN differential
akan memutuskan hubungan dengan
roda yang berputar lebih cepat tadi dengan cara memisah kan spider
shaft dari jaw
clutch. Roda yang berputar lebih cepat tadi akan bebas. Semua torsi dan kecepatan
akan dikirimkan ke roda yang putarannya lebih lambat.
Limited slip differential dirancang untuk memungkinkan tenaga disalurkan dengan sama pada kedua roda sampai kondisi pijakan menyebabkan variasi cengkraman antara roda kiri
dan kanan. Pada differential jenis
ini terdapat dua multidisc clutch. Setiap
clutch menghubungkan side gear dengan rotating housing. Kedua roda
akan digerakkan dengan torsi dan kecepatan yang sama saat bergerak lurus
bila kondisi pijakan kedua roda cukup bagus. Pada standard differential, bila machine di angkat dan salah satu roda di rem, roda lainnya akan
berputar lebih cepat. Pada limited
slip differential, clutch membuatnya lebih sulit terjadi karena faktor
yang meningkat secara proporsional terhadap torsi input. Efek penguncian terjadi karena adanya gesekan internal
pada gaya pemisahan dalam differential
akan menekan clutch pack. Ini
mengakibatkan torsi pada roda yang berputar cepat akan disalurkan ke roda
dengan kondisi pijakan yang bagus.
Differential
Lock
Differential lock umumnya digunakan pada motor grader. Differential
jenis ini dapat diaktifkan
dan dikunci menggunakan differential
switch pada kabin operator. Bila operator mengingin kan machine bergerak lurus maka differential harus di kunci. Hal ini mengakibatkan semua torsi
dipindahkan ke empat roda tandem pada semua kondisi pijakan. Untuk mengurangi
radius belok machine dan untuk
mengurangi keausan pada ban maka differential
lock harus dimatikan.
Differential
untuk motor grader memiliki clutch antara side gear kiri dan differential
housing. Saat differential terkunci, solenoid akan mengalirkan oli ke belakang
piston untuk meng-engage -kan clutch sehingga side gear kiri akan berputar
dengan kecepatan yang sama dengan rotating housing. Pinion gear tidak akan
berputar pada porosnya sebab spider shaft dan side gear berputar dengan
kecepatan yang sama. Pinion gear akan menahan side gear satunya. Kedua axle
shaft (kiri dan kanan) kemudian akan berputar dengan kecepatan yang sama dengan
rotating housing. Bila
differential switch di-off-kan,
solenoid akan menutup aliran oli menuju clutch pack sehingga kedua side gear
akan berputar bebas. Differential lock mendorong salah satu dari side gear agar ber putar bersama rotating housing. Ini mengakibatkan differential bekerja seperti solid axle dan memindahkan semua torsi ke kedua roda (kiri dan
kanan). Hal ini menyebabkan kedua roda berputar dengan kecepatan yang sama,
tanpa terpengaruh kondisi pijakan.
Berikut video tentang differential
keren pembahasannya, sepertinya saya juga pernah baca di tempat lain
ReplyDeleteGearz Area | Belajar ilmu tekhnik, mekanik, otomotif dan diesel
Awalnya saya baca kata differential group kok kaya yg ada di sis. Ternyata masnya juga mab toh
ReplyDeleteWynn Hotel & Casino, Las Vegas - Mapyro
ReplyDeleteFind 수원 출장마사지 the 강원도 출장샵 Wynn Hotel 부천 출장마사지 & Casino, Las Vegas, Nevada, 당진 출장안마 United States, revenue, industry 서귀포 출장샵 and